Jumat, 18 Januari 2013

Nitrogen - Penentuan Kadar Nitrogen Dalam Tanah Metode Kjedahl


Nitrogen merupakan unsur hara makro esensial, menyusun sekitar 1,5 % bobot tanaman dan berfungsi terutama dalam pembentukan protein (Hanafiah 2005).
Menurut Hardjowigeno (2003) Nitrogen dalam tanah berasal dari :
a. Bahan Organik Tanah : Bahan organik halus dan bahan organik kasar
b. Pengikatan oleh mikroorganisme dari N udara
c. Pupuk
d. Air Hujan



            Sumber  N   berasal   dari   atmosfer   sebagai   sumber  primer,  dan   lainnya berasal  dari   aktifitas  didalam  tanah  sebagai  sumber  sekunder. Fiksasi  N  secara simbiotik    khususnya  terdapat   pada   tanaman   jenis  leguminoseae   sebagai   bakteri   tertentu.  Bahan organik    juga membebaskan   N    dan   senyawa   lainnya   setela mengalami   proses  dekomposisi oleh aktifitas jasad renik tanah.
            Hilangnya N dari tanah disebabkan karena digunakan oleh tanaman atau mikroorganisme. Kandungan N total umumnya berkisar antara 2000 – 4000 kg/ha pada lapisan 0 – 20 cm tetapi tersedia bagi tanaman hanya kurang 3 % dari jumlah tersebut (Hardjowigeno 2003). Manfaat dari Nitrogen adalah untuk memacu pertumbuhan tanaman pada fase vegetatif, serta berperan dalam pembentukan klorofil, asam amino, lemak, enzim, dan persenyawaan lain (RAM 2007). Nitrogen terdapat di dalam tanah dalam bentuk organik dan anorganik. Bentuk-bentuk organik meliputi NH4, NO3, NO2, N2O dan unsur N. Tanaman menyerap unsur ini terutama dalam bentuk NO3, namun bentuk lain yang juga dapat menyerap adalah NH4, dan urea (CO(N2))2 dalam bentuk NO3. Selanjutnya, dalam siklusnya, nitrogen organik di dalam tanah mengalami mineralisasi sedangkan bahan mineral mengalami imobilisasi. Sebagian N terangkut, sebagian kembali scbagai residu tanaman, hilang ke atmosfer dan kembali lagi, hilang melalui pencucian dan bertambah lagi melalui pemupukan. Ada yang hilang atau bertambah karena pengendapan.




Untuk lebihh Jelasnya, Silahkan download File Prosedur + Laporannya DISINI






0 komentar:

Posting Komentar