Kamis, 10 Maret 2016

Kombinasi Nanoselulosa dari kapas dan Kunyit Sebagai pencegah kanker

Assalamualaikum sahabat semua...

sudah beberapa tahun saya tidak ngeblog lagi karena beberapa kesibukan kuliah dan banyak deh pokoknya, hehehe (alesan utama maless).
Karena lama gak nulis lagi, kali ini saya bakal balas dendam, puas puasin nulis yang agak ilmiah lah, hehe. Sebetulnya ini merupakan project saya(lagi jongkok paling kanan), kawan2 dan dosen saya Halim sensei (lagi pake batik ungu) yang sedang studi S3 di Jepang. Ini kita kerjain tahun 2015 di kampus tercinta ITSB (Institut Teknologi dan Sains Bandung) bertempat di Kota Deltamas Bekasi
Photo from akbarsyambas

Langsung saja deh biar gak kebanyakan basa basinya ya....

Drug Delivery/ SPO
Kalian tau drug delivery atau SPO??? 
ya SPO "Sistem Penghantar Obat" merupakan sistem yang sangat efektif dalam dunia kesehatan, terutama untuk pasien yang sering mengkonsumsi obat lebih dari 3 atau lebih dalam sehari. Nah dengan SPO ini pasien gak mesti minum obat banyak banyak, cukup sekali saja, karena sistem ini dirancang agar zat aktif dari obat itu langsung menuju sasaran atau pusat penyakit dan juga mempertahankan dosisnya dalam tubuh agar tidak terlalu cepat larut.
Berikut keuntungan SPO/ drug delivery:
1. cukup sekali mengkonsumsi obat
2. mampu menuju sumber penyakit dengan tepat, serta mencegah efek samping obat

Terdapat 2 komponen utama dalam SPO/drug delivery, yaitu zat aktif dan zat tambahan

Zat Tambahan

Zat tambahan digunakan dalam teknologi farmasi memiliki beberapa fungsi diantaranya kapsulasi zat aktif agar lebih tahan terhadap lingkungan, sebagai emulsifier sehingga zat aktif organik yang hidrofobik dapat larut dalam air serta untuk mengontrol pelepasan dari zat aktif ke dalam tubuh.Kontrol pelepasan zat aktif dalam darah didesain sedemikian rupa agar tidak bergantung terhadap konsentrasi dari zat aktif. Sifat ini penting terutama untuk terapi kimia pada penderitakanker, diabetes, kadar kolesterol tinggi yang diharuskan mengkonsumsi obat secara terus menerus.

Nanoselulosa dari kapas dapat digunakan sebagai zat tambahannya, tetapi jenis nanoselulosa yang dipakai adalah NFC (Nano Fibrilated Sellulose) hasil sintesis dari kapas dengan menggunakan metode grinding dan microfluid homogenizer, atau metode lain yang telah dilakukan oleh beberapa peneliti dunia. Kelebihan NFC ini dapat membungkus zat aktif dengan kuat sehingga diharapkan mampu untuk membawa zat aktif menuju sasaran. hehe ilmiah banget kan bahasanya???


Zat Aktif
Disisi lain, Indonesia memiliki banyak tanaman herbal seperti kunyit, jahe, temulawak dan lainnya. Ekstrak kunyit (curcumin) merupakan polyphenol yang memiliki manfaat sebagai anti kanker, menekan perkembangbiakan sel-sel tumor dan menurunkan kadar LDR dalam darah (Paramera, 2011). Curcumin juga merupakan komponen kimia yang terlibat dalam banyak proses pembentukan protein dalam tubuh (Chattopadhyay, 2004). Namun, keterbatasan penggunaan curcumin disebabkan oleh rendahnya kelarutan dalam air, lemah terhadap kondisi alkalin, cahaya, oksidasi dan panas yang menurunkan khasiatnya.Paramera dkk (2011) menggunakan bakteri Saccharomyces cerevisiae sebagai teknologi kapsulasi pada ukuran micrometer.Curcumin atau ekstrak kunyit dimasukkan dalam sel-sel bakteri S. cerevisiae untuk menghasilkan ektrak kunyit yang hidrofil dan terlindungi.Namun, mekanisme pelepasan curcumin dan kontrol pelepasan curcumin dalam darah masih harus diteliti lebih jauh untuk meningkatkan efektifitasnya.Pada penelitian ini, akan diteliti mekanisme dan efektivitas NFC dari kapuk melalui spray drying untuk mengontrol pelepasan curcumin secara eksperimen dan simulasi.



Intinya kunyit yang merupakan zat aktif akan dilapisi oleh NFC dari kapas dengan metode spray drying. ya kira2 begini tampilannya
gambar: NFC membungkus zat aktif




Metode Pembentukkan Serbuk Drug Delivery




Nah begitulah kurang lebih uraian singkatnya. Keren kan dari kapuk dan kunyit bisa dijadikan obat masa depan yahh,
semoga ilmu kesehatan makin bisa diandalkan dan semakin baik kualitasnya terutama di negeri kita Indonesia tercinta. Aamiiinn

dan terakhir special thanks for my friends and my sensei for every knowledge that i never had before, hahahahaha

sekian dan terimakasih, tunggu postingan2 seru dan bermanfaat lainnya ya sahabat sahabat...

Wassalamualaikum wr wb...........



2 komentar: