Senin, 15 Oktober 2012

QIRA'AT (MUJAWWAD) - Jenis Lagu


Lagu – Lagu Dalam Qiro’at (Mujawwad)

Assalamualaikm wr.wb



Kali ini saya akan berbagi ilmu tentang seni dalam membaca Al-Qur’an. Mungkin sobat sudah tahu tentang seni dalam membaca al-Qur’an, salah satunya adalah Qiro’at atau Mujawwad. Mujawwad itu adalah aturan membaca Al-Qur’an yang memakai lagu-lagu tertentu. Ada beberapa jenis lahu dalam Mujawwad ini, yaitu :
·         Bayati    :
-          Bayati qoror
-          Bayati Nawwa
-          Bayati Suri
-          Bayati Husaini
-          Bayati Jawab Husaini
-          Bayati Jawab Suri
-          Bayati Suri Jawabul Jawab
·         Hijaj       :
-          Hijaj Asli
-          Hijaj Kar
-          Hijaj Karkur
·         Nahawwan :
-          Nahawwan Asli
-          Jawab Nahawwan
-          Nahawwan Jawabul jawab
·         Ros         :
-          Ros Asli
-          Sabir
-          Jawab Ros
-          Janziron
·         Jiharkah :
-          Jiharkah Asli
-          Jawab Jiharkah
-          Jawabul jawab
·         Sikkah   :
-          Sikkah asli
-          Sikah Misli
-          Sikah Turki
·         Shoba   

Nah demikian Sobat lagu-lagu yang saya pelajari, semoga bermanfaat. Mohon maaf apabila ada salah dan kekurangan, dan mohon dimaklumi karena saya juga masih dalam tahap belajar.

Wassalamualaikum wr.wb

4 komentar:

  1. mas sekedar saran untuk nama yang ada disebelah kiri, teksnya diberi warna hitam agar terbaca. Saya juga ijin copas.. saya cantumkan sumbernya terimakasih.

    BalasHapus