Sabtu, 19 Maret 2016

Pengalaman Pertama Perantau Asal Sunda di Pulau Sumatra

Assalamualaikum wr wb

Sobat kali ini saya akan berbagi pengalaman saya yang berasal dari tanah sunda ketika pertama kali merantau ke Pulau Sumatra. Kalian tentu tahu kalo misalkan orang sunda pasti gak bisa jauh-jauh dari keluarga kan?. Ya statistik yang mengejutkan telah membuktikan bahwa warga terbanyak kedua di Indonesia adalah warga sunda. Tetapi perantau yang terbanyak adalah berasal dari Jawa, Minang, dan Batak.

"Ulah jauh-jauh, tos sagala aya di tatar sunda mah" ini adalah kalimat yang sering terlontar dari orang sunda jika anaknya atau keluarganya ingin merantau, hal ini terjadi pada saya. Walaupun cuma merantau untuk melaksanakan PKL untuk memenuhi syarat jadi sarjana selama 2 bulan, tetap saja orang tua seperti berat untuk membiarkan saya merantau. Yah agan-agan pasti bisa membayangkan kalo jadi saya kan?? hehehe



Berikut suka duka orang sunda ketika merantau pertama kali ke pulau sumatra. Oke deh kita mulai dari dukanya dulu deh, biar sukanya jadi penutup yang manis, hahahahaha

Duka
1. Home Sick (Kangen Rumah)
Pastilah semua orang yang pertama kali merantau akan merasakan hal ini, berani jamin deh kalian bakal ampe nangis kalo kangennya berlebihan. hihihi










2. Berasa Asing
Hal ini benar benar terasa banget, tiap jajan ke warung warung dan beli sesuatu lalu bilang "bu ini berapa ya?" pasti langsung tukang warungnya bilang "bukan orang sini ya??"  buset dahh dibilang kaya gitu berasa asing euyyy. tau aja yaa kalo saya bukan orang sumatra...









3. Gak Punya Kendaraan
karena saya PKL di daerah Riau jadi setidaknya harus ada kendaraan lah, soalnya dari mess ke tempat kerja itu jauh banget, butuh 45 menit kalo jalan kaki. Dan yang terpenting dari kendaraan ini adalah kalo misalkan kita jenuh, kendaraan ini bisa dipake buat keliling-keliling mencari kesegaran dan main ke tempat seru

4. Susah cari Makanan Sunda
Jelas sekali makanan sumatra itu pedes-pedes, kaya masakan padang, walaupun saya suka pedas kaya makanan padang, tapi makanan sunda bagi saya itu yang paling enak. Banyangin kalo misal kalian orang sunda, terus merantau dan ternyata gak ada masakan sunda sama sekali yang jualan??? Hmmm sedihh euyy..

5. Udara Panas
Gak kaya di Bandung atau tanah Sunda lain  yang udaranya super enak dan sejuk, daerah sumatra itu gak sesejuk Bandung, tapi disini masih banyak hutan2 dan tempat-tempat yang terjaga indah kok.

6. Kaget dengan Cara Bicara
Yah ini sudah pasti kaget karena orang sunda itu kalo bicara kan lembut gimana gitu ya?? sekalinya ke Sumatra kaget karena frekuensinya bicara orang sini lebih tinggi, jadi ya mesti terbiasa dan jangan baper. hahaha

7. Kalo Sakit gak ada Yang Perhatian
Ini nih yang paling greget, disaat kita sakit dan yang diharepin adalah mamah yang biasanya merhatiin kita pas sakit ternyata gak ada. hahaha terpaksa deh home sicknya itu makin terasa nyelekit (nusuk)

8. Mesti Beli Oleh-Oleh Banyak
Ya ketika pulang ke tanah sunda pasti kudu ngeluarin uang banyak buat oleh2 padahal status saya nih masih mahasiswa. Tapi yang penting keluarga seneng apa yang saya bawa buat oleh2



Nah itu kan dukanya, lumayan berat sih sebetulnya menurut saya. Nah kalo sukanya itu bakal saya paparin nih,

Suka
1. Bisa Naik Pesawat
Pastinya pesawat menjadi pilihan utama, karena waktu tempuh yang lebih singkat dibanding naik transportasi jenis lainnya. Kebetulan saya baru kali ini naik pesawat, wkwkwkwk










2. Suasana Baru
Ini nih suasana baru yang cukup membuat saya jadi tidak terlalu bosan dengan suasana yang monoton. Terutama yang namanya macet di Pulau Jawa itu bisa dibilang jarang disini. Tapi terkadang juga macet sih. wkwkwkwk

3. Main ke tempat baru
Banyak tempat yang bisa disinggahi seperti tempat-tempat wisata terdekat dimana tempat kita tinggal.









4. Dapet Temen dan keluarga Baru
Kalo di perantauan itu kita mesti pandai cari teman dan kalo bisa kita cari juga saudara baru. Disini saya juga sudah dianggap keluarga baru sama beberapa orang disini, alhamdulillah ukhuwah dan silaturahmi terjaga

5. Bisa Bahasa Baru
Bahasa baru tentunya bakal kita fahami walaupun hanya sedikit, tapi cukup lah untuk menambah kemampuan berbahasa baru. hahahaha

6. Mental Teruji
Mental kita terutama bagi orang sunda akan semakin meningkat kalau kita merantau, istilahnya gak dibilang lagi jago kandang. Orang sunda itu hebat hebat dan bermental kuat, makanya jangan pernah takut dimanapun kita berada wahai orang sunda...


Nah mungkin itu suka dan duka yang saya alami sebagai orang sunda ketika merantau di Pulau Sumatra. Pesen saya buat agan-agan yaitu jangan pernah takut untuk mencoba hal baru ketika itu merupakan hal yang baik, dan kita harus pandai beradaptasi dan bersikap baik serta sopan dimanapun kita berada, agar kita mendapatkan teman dan saudara yang banyak.

Nantikan postingan-postingan lainnya yang bermanfaat di syambas.blog

Terimakasih
Wassalamualaikum wr wb

1 komentar:

  1. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

    BalasHapus